Bekasi, Merdekaonlinetv.id-Ale-Ale, minuman berperisa buah nomor 1 di Indonesia dari WINGS Food, kembali menggelar program tahunan Ale-Ale Goes to School. Tahun ini, ribuan siswa-siswi SMP di 3 kota di Indonesia mendapat kesempatan untuk merasakan keseruan program dengan tema “Berani Berekspresi, Makin Juara!”. Ale-Ale Goes to School tahun 2025 ini akan berkeliling kota menyapa anak remaja di 15 sekolah di Bekasi, Malang dan Bogor. Acara ini bertujuan untuk mengajak remaja agar semakin mengenal diri dengan berani mencoba eksplorasi diri melalui hal-hal baru. Ale-Ale menghadirkan keseruan yang mengeksplorasi bakat dan minat remaja melalui x-school competition juga sesi edukatif talkshow bersama mentor muda berprofesi psikolog.
Ale-Ale Dukung Ekspresi dan Kreativitas Remaja
Menurut Tivany Julyana, Assistant Brand Manager Ale-Ale, remaja saat ini menghadapi banyak tantangan, termasuk tekanan dari lingkungan dan paparan berlebihan dari gadget dan media sosial. “Ini yang menjadi latar belakang Ale-Ale mengaktifkan format acara yang demikian. Ale-Ale meyakini bahwa setiap remaja punya potensi besar untuk jadi juara di bidangnya masing-masing. Melalui Ale-Ale Goes to School, kami ingin mengingatkan bahwa dengan berani berekspresi dan mengeksplorasi diri, mereka bisa menemukan semangat baru untuk terus mencoba hal baru. Sama seperti Ale-Ale yang memiliki berbagai varian rasa buah yang bisa di-explore, remaja juga punya banyak pilihan untuk menemukan warna hidup mereka,” ujar Tivany.
Tips Eksklusif dari Mentor Psikolog: Kenali Dirimu, Cara Belajarmu dan Berani Eksplorasi
Dalam program School to School ini, Ale-Ale juga menghadirkan sesi edukatif bersama mentor psikolog muda untuk membantu para siswa mengenal diri lebih baik. “Jangan takut berubah, jangan takut eksplor diri kalian! Langkah mengenal diri sendiri itu bisa jadi bahan awal untuk mikir: apa yang aku suka, apa yang aku tidak suka, apa yang pengen aku coba? Bisa dipetakan dari hobby, pelajaran favorit, mind map minat, hal yang bikin penasaran. Tanyakan ke orang lain, kadang kalau kita dikenal, dikenal sebagai apa? Kadang orang lain lihat sisi unik kita yang kita nggak sadar,” ujar Annisa Axelta, M.Psi, Psikolog – mentor muda berprofesi psikolog di event Ale-Ale Goes to School. Berikut beberapa tips praktis yang dapat membantu anak muda untuk semakin mengenali diri mereka:
- Kenali Apa yang Kamu Suka & Tidak Suka
Suka main game? Coba belajar coding atau e-sports.
Suka ngobrol? Bisa ke arah MC, content creator, atau public speaking.
Suka eksperimen kecil-kecilan? Dunia sains atau riset bisa jadi pilihan.
Ingat, tahu yang tidak disukai juga penting biar nggak salah arah.
- Temukan Gaya Belajarmu
Visual: gunakan mind map atau gambar.
Auditori: rekam suara atau diskusi kelompok.
Kinestetik: belajar sambil praktik langsung.
Namun, di tengah rutinitas belajar dan eksplorasi minat, penggunaan gadget yang berlebihan sering kali menjadi tantangan baru bagi remaja. Alih-alih hanya bergantung pada layar, penting bagi remaja untuk menemukan keseimbangan dengan aktivitas nyata yang bisa membantu meredakan kecemasan dan menyalurkan energi ke arah yang lebih positif. Berikut tips dari Psikolog Muda Annisa Axelta untuk melawan kecemasan bagi para remaja:
- Lawan Cemas Akibat Gadget dengan Aktivitas Nyata
Coba kegiatan seni, olahraga, atau ikut ekskul. Berani tampilkan karya atau ide ke teman-teman.
Gagal? Wajar. Anggap aja sebagai bagian dari eksplorasi.
- Terapkan Tips Belajar Sehat
Pomodoro style: 25 menit fokus, 5 menit break.
Cari me time singkat: journaling, musik, olahraga ringan.
Bangun support system: jangan ragu cerita ke teman atau keluarga.
Hargai proses: yang penting konsisten, bukan sempurna.
- Coba “5 Menit No Gadget Challenge”
Lepaskan gadget sebentar, tarik napas, ngobrol sama teman, atau corat-coret di kertas, gunakan pulpen warna-warni biar tidak bosan. Pikiran jadi lebih segar, dan kadang muncul ide kreatif yang nggak terduga.
Semangat Ekspresi adalah Semangat Juara
Program Ale-Ale Goes to School “Berani Berekspresi, Makin Juara” ini sejalan dengan visi WINGS Group Indonesia “Life Keeps Getting Better” karena bukan hanya tentang keseruan games dan aktivitas, tetapi juga ajakan untuk remaja agar lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri. Lewat kampanye “Berani Berekspresi, Makin Juara”, Ale-Ale ingin tumbuh bersama remaja Indonesia. Sama seperti tiap rasa Ale-Ale yang segar dan unik, setiap remaja juga punya cara sendiri untuk bersinar,” tambah Tivany Julyana.
Dengan Ale-Ale yang selalu menghadirkan ultimate freshness, setiap tegukan diharapkan bisa jadi energi baru bagi remaja untuk terus berani eksplorasi, berani berekspresi, dan tentu saja, makin juara! Dengan berbagai varian rasa buah yang sangat beragam, Ale-Ale bisa menjadi bahan dasar kreasi minuman segar, dengan tambahan berbagai topping menarik seperti agar-agar, jelly, dan selasih sehingga menjadi sempurna untuk dikonsumsi jika sedang menjalankan hobby ataupun saat berkumpul bersama teman-teman.
Di momen roadshow Ale-Ale Goes to School ini, Ale-Ale mengajak para siswa-siswi membuat prakarya hiasan kelas dari kemasan cup Ale-Ale, dan membebaskan para remaja membuat kreasi minuman seru Ale-Ale dengan menggunakan topping minuman kekinian seperti popping boba, nata de coco, selasih, jelly mutiara dan jelly pelangi. Dengan memilih topping sendiri, anak-anak bisa bebas berkreasi membuat minuman berdasarkan keinginan sendiri. Hal ini mendorong siswa-siwi untuk berani mencoba hal baru melalui eksperimen menu kreasi.
Sejak 2006, Ale-Ale telah menemani remaja Indonesia dengan 9 varian rasa segar – mulai dari Jeruk, Stroberi, Anggur, Sirsak, Markisa, Mangga, Leci, Jambu, hingga yang terbaru, Funflava Cocopandan. Kampanye “Berani Berekspresi, Makin Juara” ini sejalan dengan visi Ale-Ale untuk mendukung remaja Indonesia agar berani mengeksplorasi minat dan bakat mereka dengan penuh semangat. Ale-Ale diproduksi secara higienis dengan menawarkan beragam rasa buah yang memberikan sensasi kesegaran yang tak terkalahkan. Minuman ini pun telah dapat dinikmati melalui berbagai toko dan warung terdekat dengan harga terjangkau, yaitu Rp 1.000/cup.