Jakarta, Merdekaonlinetv.id-Sebagai bagian dari program J&T Connect Preneur Tour, J&T Express kembali menggelar kompetisi bisnis untuk UMKM di seluruh Indonesia hingga 25 Juni mendatang. Pemilik usaha yang telah berjalan lebih dari satu tahun dan aktif melakukan live shopping diundang untuk ikut serta. Kompetisi ini dihadirkan sebagai bentuk dukungan agar UMKM terus berkembang melalui pemanfaatan teknologi sesuai tren bisnis terkini. Selain mendapat set alat live shopping, 10 pemenang terpilih juga akan mendapat mentorship dari Edho Zell, Founder dan CEO Social Bread, agensi yang memiliki spesialisasi di bidang konten dan live shopping.
Live shopping kini menjadi salah satu metode penjualan digital yang paling berkembang di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IPSOS bertajuk “Tren Live Streaming e-Commerce bagi Penjual” di tahun 2023 menjelaskan bahwa live streaming mampu menaikkan omzet para pengusaha UMKM. J&T Express melihat tren ini sebagai peluang besar untuk membantu UMKM naik level lewat pendekatan digital yang lebih tepat sasaran.
Kali ini, J&T Express menggandeng Edho Zell, kreator konten dan pendiri agensi yang fokus pada pemberdayaan brand dan UMKM. Berbekal pengalaman membina banyak UMKM di ranah digital, Edho akan terlibat sebagai mentor dalam kelas intensif bagi 10 pemenang untuk pemberian materi persiapan live shopping secara teori, praktek dan teknis.
Kompetisi ini akan berhadiah berupa revitalisasi studio live shopping, satu set perangkat live shopping, dan sesi mentoring eksklusif bersama Edho Zell. Hadiah-hadiah tersebut dipersiapkan J&T Express agar para pengusaha UMKM tidak hanya memahami teori tren bisnis terkini, namun juga langsung memiliki fasilitas dan pendampingan untuk memulai serta meningkatkan aktivitas live shopping mereka.
Menurut Herline Septia, Brand Manager J&T Express, kompetisi ini merupakan bentuk nyata dari pilar “pemberdayaan” yang diusung J&T Express menjelang usia J&T Express yang ke-10 di tahun ini. “Kami melihat potensi besar UMKM jika mereka diberi akses, edukasi, dan alat yang tepat, terutama untuk bersaing di tengah tren bisnis saat ini. Ditambah bahwa UMKM menjadi salah satu sektor penting yang selalu menjadi perhatian kami, karena kami percaya bahwa mendukung mereka berarti ikut berkontribusi membangun bangsa.” ungkap Herline.
Pendaftaran kompetisi bisnis dibuka hingga 25 Juni 2025 dan dapat diakses melalui situs resmi https://jntjadibisa.com/buscom/. Kompetisi ini terbuka untuk seluruh UMKM di Indonesia, tanpa biaya, dan akan dinilai berdasarkan kreativitas ide, kesiapan digital, serta potensi pertumbuhan usaha. Calon peserta yang ingin mendaftarkan diri cukup mengisi formulir yang terlampir dalam situs resmi J&T Express dan menunggu proses selanjutnya dari panitia.